VY Canis Majoris

      Comments Off on VY Canis Majoris

Bintang terbesar yang saat ini dikenal oleh manusia adalah VY Canis Majoris. Bintang ini ukurannya sangat besar. Berdiameter 2,8 milyar km, atau memiliki keliling sekitar 8,8 milyar km. Jika kita mencoba mengelilingi bintang ini menggunakan pesawat komersil dengan kecepatan 900 km/jam, maka secara matematis kita perlu waktu 1.116 tahun atau lebih dari 11 abad. Jika kita menggambarkan bintang ini sebagai sebentuk bola seluas layar komputer kita, maka matahari adalah sebuah pixel yang sangat kecil. Dalam posisi ini tentu tidak mungkin menggambarkan ukuran bumi, apalagi mencoba menggambarkan keberadaan diri kita.

Apakah ada bintang lain yang lebih besar dari VY Canis Majoris? Sangat mungkin ada. Informasi tentang semesta yang kita miliki saat ini sangat terbatasi dengan kemampuan sains dan teknologi yang kita kuasai saat ini. Masih banyak kegelapan dan cahaya di luar sana yang belum mampu disentuh.

Sesekali membicarakan makrokosmos, adalah sebuah alat kontrol yang baik bagi spesies manusia untuk melakukan refleksi tentang keberadaan dirinya di alam semesta.