Pantai Tanah Merah Samboja: Kembangkan, Tapi Tetap Jaga Agar Alami

      Comments Off on Pantai Tanah Merah Samboja: Kembangkan, Tapi Tetap Jaga Agar Alami

Samboja-1Salah satu resiko tinggal di Samarinda adalah miskin hiburan. Termasuk untuk urusan liburan santai di pantai. Bagi orang yang dulunya mudah untuk pergi ke pantai seperti saya, hal ini memang cukup terasa. Barangkali karena jauh dari pantai, warga Samarinda-pun menyebut sungai Mahakam sebagai laut. Untungnya karena Mahakam tidak kecil jadi bersantai di tepian Mahakam memang sedikit mirip dengan di pinggir laut. Kondisi ini memang berbeda dengan Balikpapan, kota tetangga. Sebagai kota pelabuhan, Balikpapan banyak memiliki obyek wisata pantai, seperti Manggar dan Lamaru.

Pantai terdekat dari Samarinda adalah pantai Tanah Merah Samboja, berjarak kurang lebih 100 km. Lumayan jauh, ditambah dengan kontur jalan yang berkelok dan naik turun. Walau jalan berkelok, namun menuju pantai Tanah Merah Samboja relatif mudah. Dari arah Samarinda, menuju ke arah Balikpapan. Kira-kira 70 km, akan berjumpa dengan pertigaan Samboja. Dari sini belok kiri, sampai bertemu pertigaan. Sebelah kanan adalah jalan tembus alternatif ke Balikpapan, sedang ke sebelah kiri adalah ke pantai Samboja. Ikuti terus jalan sampai ketemu pertigaan lagi, dan ambil kanan kira-kira 1,5 km lagi sudah masuk ke pantai Samboja.

Samboja-2Yang menarik dari Tanah Merah adalah kondisi pantainya yang alami. Jajaran pohon pinus tumbuh berjajar sepanjang pantai. Rimbunnya hutan pinus ini membuat banyak burung pemakan ikan yang hinggap. Kondisi hutan pinus dan tanah lapang di bawahnya juga sangat mendukung untuk berkemah. Sekitar 300 meter dari pinggir pantai, air laut relatif dangkal. Sehingga ketika air surut, cukup menyenangkan mengajak keluarga jalan-jalan mencari binatang-binatang kecil yang berlarian. Pantai ini tidak jauh dengan pemukiman penduduk. Sehingga pada jalan masuk ke pantai, sesekali kita dapat menjumpai sekumpulan sapi peliharaan yang merintangi jalan.

Di area pantainya, tersedia WC umum dan kamar mandi sederhana. Pada kunjungan Sabtu lalu (17/01/09) terlihat beberapa bangunan yang mirip penginapan sederhana. Pantai Tanah Merah sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi pantai wisata yang lebih baik. Namun perlu pemikiran dan tangan-tangan yang sangat paham masalah pariwisata yang tidak hanya melihat dari sisi bisnis jangka pendek. Adalah penting untuk menambahkan banyak fasilitas pada pantai ini sehingga membuat pengunjung lebih nyaman, namun tetap dengan menjaga kondisi pantainya agar tetap alami. []