Samarinda adalah sebuah kota kecil yang menjadi ibu kota propinsi Kalimantan Timur. Luas wilayahnya hanya sekitar 2.727 km², sementara luas propinsi Kalimantan Timur adalah 211.440 km². Samarinda terletak pada koordinat 0°21’18” LS – 1°09’16” LS dan 116°15’36” BT – 117°24’16” BT. Bagian paling menarik dari Samarinda adalah karena kota ini ini dilewati oleh Sungai Mahakam, yang menyebabkan Samarinda terbagi dua yaitu SamarinSamarinda-2da Kota dan Samarinda Seberang. Sungai Mahakam terbentang dari tengah pulau Kalimantan dan bermuara di selat Makassar. Panjang sungai Mahakam adalah 920 km dengan luas daerah aliran sungai 149.277 km². Sungai ini melewati tiga daerah yaitu wilayah kabupaten Kutai Barat, kabupaten Kutai Kartanegara dan Kotamadya Samarinda.

pesutSatwa andalan di sungai Mahakam ini adalah Pesut (Irrawaddy Dolphin). Pesut adalah lumba-lumba air. Binatang ini sekarang sudah menjadi satwa yang amat langka. Bahkan saya yang sudah tinggal 15 tahun di Samarinda belum pernah melihat pesut ini di alam aslinya.

orangutanSatwa lain adalah orang utan (pongo pygmaeus). Bagi orang Samarinda, melihat orang utan adalah pemandangan biasa. Meskipun sudah mulai sulit dijumpai di tempat aslinya, tetapi cukup banyak wilayah konservasi baik besar maupun kecil untuk orang utan ini di sekitar kota Samarinda.