Jika Sudah Lebih Pintar, Kalian Akan Diperkerjakan Lagi

      Comments Off on Jika Sudah Lebih Pintar, Kalian Akan Diperkerjakan Lagi

Entah ini kabar baik atau kabar buruk, Henn-na Hotel di Jepang baru-baru ini memecat para karyawannya. Mulai dari resepsionis, petugas kebersihan, portir, dan asisten kamar.

Para karyawan yang baru saja dipecat ini bukanlah manusia, tetapi robot. Para robot ini melakukan kesalahan yang dianggap cukup alasan untuk di-PHK, terutama terkait kinerja mereka. Robot resepsionis sering kesulitan menjawab pertanyaan tamu soal objek wisata. Robot portir sering kesulitan menjangkau kamar tertentu dan sering macet jika basah terkena air. Sementara asisten yang ada ditiap kamar sering kesulitan memahami aksen daerah dan bahkan berusaha merespon dengkur tamunya.
Mereka semua diganti kembali dengan karyawan manusia.

Apakah mereka kapok merekrut robot? Tidak. Mereka bertekad untuk memperbaiki semua kekurangan dan mengembangkan robot baru untuk diperkerjakan kembali.

Revolusi Industri 4.0 itu seperti kendaraan yang sudah dalam perjalanan yang pasti. Bahwa ada sesekali yang nggronjal di jalanan yang tidak rata, tidak lantas membuat kendaraan mundur atau kembali.