Cermatlah

      Comments Off on Cermatlah

Intermeso saja. Keluarga kucing besar sungguh luar biasa. Mulai dari singa raja hutan Siberia, harimau buas di rimba Amazon, jaguar Afrika yang suka memangsa hyena, atau puma gesit yang hidup di lereng gunung Kawi.

Tentu saja, saya sungguh berharap anda tidak menelan begitu saja tulisan saya ini, sebab saya sedang menulis dengan ngawur.

Memang akan menakutkan jika ada singa di hutan, tapi percayalah bahwa singa tidak pernah menjadi raja rimba. Tubuh singa tidak dirancang untuk hidup di rimba apalagi di daerah dingin seperti Siberia, kecuali singa purba yang ditemukan fosilnya. Habitat singa modern adalah di padang rumput penuh semak, dengan mangsa kawanan zebra, kerbau, atau wildebeest yang melimpah di Afrika. Di Siberia sudah ada kucing lain yang lebih besar, yaitu harimau Siberia yang beratnya lebih dari 300 kg, lebih berat 50 kg dari rata-rata singa jantan dan dua kali lipat lebih besar dari singa betina.

Harimau Amazon? Yang benar saja. Di hutan sekitar sungai Amazon hanya ada satu jenis kucing besar, yaitu jaguar. Satu-satunya kucing besar yang menempatkan buaya sebagai salah satu menu makanannya. Tentu saja tidak ada jaguar di Afrika. Karena itu seumur hidupnya jaguar tidak akan pernah bertemu dengan hyena di alam, kecuali di kebun binatang.

Puma atau cougar adalah sejenis singa gunung yang hanya hidup liar di benua Amerika. Jadi mohon jangan berharap ada puma di Gunung Kawi.

Intinya, semua informasi bahkan yang nampak ilmiah sekalipun perlu dicermati dulu kebenarannya sebelum ditelan. Apalagi untuk dibagikan ke orang lain, harus dua kali lebih cermat.

Selamat menyongsong lebaran ketupat!