Dan Sebenarnya, Kita Adalah Bangsa Yng Baik

      Comments Off on Dan Sebenarnya, Kita Adalah Bangsa Yng Baik

Sebuah organisasi sosial yang berbasis di Inggris, Charities Aid Foundation (CAF), pada tanggal 26 Oktober 2018 merilis peringkat World Giving Index hasil survey tahun 2017. Survey dilakukan di 146 negara di dunia. Cukup mengejutkan, bahwa peringkat pertama adalah Indonesia. Laporan resmi CAF dapat dibaca di https://www.cafonline.org/…/caf_wgi2018_report_webnopw_2379…

Index ini mengukur 3 hal: kesediaan membantu orang asing, kesediaan menyumbang dana kemanusiaan, dan keterlibatan menjadi tim relawan. Hasil ini jelas sangat membanggakan. Kita tak hanya menonjol di kawasan ASEAN, tapi juga melewati banyak negara maju di Eropa dan Amerika yang telah mapan.

Maka, tiba-tiba saya berpikir satu hal yang melegakan. Bangsa kita ini serupa sebuah keluarga yang sangat besar. Kebetulan saja, pada generasi yang sekarang ini sedang gemar bercanda, saling olok, saling ledek. Beberapa berkembang menjadi pertengkaran yang memanas, namun sebagian besar mudah diselesaikan dengan minum kopi bersama di teras rumah. Seberapapun berisiknya keluarga kita saat saling ledek, tak menutupi kenyataan bahwa leluhur kita telah mewariskan darah orang-orang yang berwatak mulia. Kita sesungguhnya adalah orang-orang baik, dan dunia mengakuinya.

Mari bangga menjadi orang Indonesia. Selamat Hari Pahlawan.